Politeknik Negeri Balikpapan

Sejarah

Bagikan halaman ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Jurusan Rekayasa Elektro

Terletak di Kota Balikpapan, yang merupakan kota transit, pusat perdagangan dan tempat para investor domestik maupun asing dalam membangun dan mengembangkan bisnisnya. Kota Balikpapan memiliki sumber daya berupa fasilitas Bandara Udara Internasional, Pelabuhan Laut, jalan darat yang menghubungkan antar kota, kabupaten dan provinsi. Sumber daya alam berupa minyak dan gas bumi yang merupakan potensi terbesar Kota Balikpapan, menyebabkan kota Balikpapan tumbuh berkembang menjadi Kota Industri dimana terdapat banyak Perusahaan Milik Asing (PMA), BUMN dan BUMD yang memegang peranan penting dalam pembangun Kota Balikpapan. Selain hasil bumi, Kota Balikpapan juga memiliki hasil sumber daya laut serta perkebunan yang menjadi daya tarik kedua dari para investor dan pemerintah untuk terus menggali dan mengembangkan potensi daerah terkait kearifan lokal. Sehingga menjadikan Kota Balikpapan juga tumbuh menjadi kota jasa dan kota dengan tingkat perekonomian yang berkembang pesat. Seiring pesatnya pertumbuhan di berbagai sektor, memerlukan sumber daya manusia yang terampil dan memiliki kompetensi hardskill maupun softskill sebagai pemeran utama yang mengelola dan mengembangkan potensi daerah Kota Balikpapan.

Tuntutan akan tenaga terampil berkualifikasi High Skill dan Middle Skill inilah sehingga, Pemerintah Kota Balikpapan mengklasifikasikan sumber daya manusia terampil menjadi empat kategori yang termuat dalam Rencana Strategis Kota Balikpapan, yaitu High Science 20%, High skill 30%, Middle Skill 30 % dan Low Skill 20 %.

Untuk pemenuhan kebutuhan tenaga kerja pada tingkat middle skill, Pemerintah Kota Balikpapan melalui Yayasan Pendidikan Pemerintah Kota Balikpapan serta atas dasar visi, misi serta inisiasi dari Bapak H. Imdaad Hamid, S.E, selaku Walikota Balikpapan, mendirikan Politeknik Balikpapan dengan Akta Notaris Mohamad Rasjid Umar, SH No. 14/2000 dengan susunan pengurus: Pembina Drs. H Sarjono, M.Si. dan Ketua Harian Dra. Hj. Hernawati, M.Si. Selanjutnya pengajuan permohonan izin pendirian, maka pada tanggal 2 Agustus 2002, izin pendirian Politeknik Balikpapan disetujui melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.168/D/O/2002. Politeknik Balikpapan menyelenggarakan empat Jurusan yaitu Teknik Mesin Alat Berat, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Perhotelan. Program Studi Teknik Elektronika dan Teknologi Listrik menerima mahasiswa D-3. Selanjutnya Politeknik Balikpapan resmi menjadi Politeknik Negeri pada tanggal 9 September 2011 melalui Permendiknas No. 41 Tahun 2011 tentang Pendirian, Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Balikpapan.

Diktat

Modul

X