MENGAPA HARUS KULIAH DI BALIKPAPAN ?” DENGAN NARASUMBER BPK. IDA BAGUS DHARMAWAN, S.T., M.SI (WAKIL DIREKTUR I) DI ACARA NGOPI (NGOBROL PINTAR) BTV.


by admin | Jul 23, 2019




“Mengapa Harus Kuliah di Balikpapan ?”, tema yang diusung oleh program acara Ngopi (Ngobrol Pintar) Balikpapan Televisi ini mengundang Narasumber dari Politeknik Negeri Balikpapan yaitu Bapak Ida Bagus Dharmawan, S.T., M.Si yang juga sebagai Wakil Direktur I Poltekba pada Selasa, 16 Juli 2019 di Kantor Balikpapan Televisi Gedung Kaltim Post lt.5.
Dalam penuturannya, Ida Bagus mengatakan Kota Balikpapan merupakan Kota perdagangan dan jasa, salah satu fokusnya yaitu dunia Pendidikan yang terus berkembang pesat. Saat ini Balikpapan telah memiliki 2 (dua) Perguruan Tinggi Negeri yang terus berkembang. Selain itu kuliah di Balikpapan memberikan beberapa keuntungan salah satunya yaitu dekat dengan industri sehingga diharapkan kepada Perguruan Tinggi yang ada di Balikpapan agar dapat mendukung dan memenuhi kebutuhan industri. Hal tersebut menjadi tantangan dari Perguruan Tinggi di Balikpapan untuk bisa mengembangkan Prodi-prodi yang mampu mensupport secara keseluruhan.
“Perkembangan Perguruan Tinggi di Balikpapan ada yang di Bidang Akademik, dan ada pula di bidang vokasi. Terkait bidang Vokasi, jawabannya ada di Politeknik Negeri Balikpapan” terang Ida Bagus.
Pendidikan vokasi itu sendiri adalah pendidikan yang menekankan pada keahlian praktikal yang dibutuhkan untuk langsung terjun ke dunia kerja. Sama halnya dengan Poltekba, Sistem pengajaran 70% berbasis Praktik dan 30% berbasis teori.